Rabu, 18 Februari 2015

Wali Kota terbaik Se Dunia

10. Aziz Kocaoglu, Walikota Izmir, Turki
Quote:Kota Izmir yang memiliki julukan mutiara barat ini merupakan kota terbesar ketiga di Turki, serta merupakan salah satu kota pelabuhan utama. Kota ini memiliki pemandangan alam yang indah, kaya akan warisan budaya serta kental akan kekayaan sejarah. 
Sejak tahun 2004 Walikota Kocaoglu membangun administrasi kota yang bersih dari hutang, memberdayakan migran, dan mendidik remaja migran perdesaan. Walikota Kocaoglu memprioritaskan infrastruktur permanen sebagai solus permasalahan perkotaan Izmir dan menolak alternatif yang lebih murah namun bersifat sementara. Kota ini sekarang memiliki beberapa infrastruktur pengolahan air limbah terbaik di Turki dan terus membangun jaringan metro yang modern

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:9. Giusy Nicolini, Walikota Lampedusa, Itali
Quote:Lampedusa atau Lampidusa adalah sebuah pulau di gugusan kepulauan Pelagie di Laut Mediterania. Secara administratif dan politik, Pulau Lampedusa menjadi bagian dari provinsi Agrigento di Sisilia, Italia. Namun secara geologis, pulau tersebut merupakan milik benua Afrika mengingat kedalaman laut antara keduanya kurang dari 120 meter. Memiliki lokasi strategis di tengah-tengah tiga benua berbeda, Lampedusa sering menjadi tempat persinggahan imigran gelap dari Asia dan Afrika menuju Eropa
Meskipun hanya memimpin sebuah komunitas kecil dari dua pulau , Walikota Nicolini telah dikenal secara internasional karena banyaknya pendatang yang tiba dari Afrika Utara dan Timur Tengah . Populasi pulau Sisilia Lampedusa dan Linosa biasanya antara 6.000 dan 7.000, namun tersebut telah meningkat sejumlah besar pengungsi tiba, sebagian besar merupakan pelarian dan menderita trauma. Setelah bencana maritim di Oktober 2013 (yang akhirnya memicu perhatian publik dunia), sang walikota berusaha membantu yang hidup dan menghormati korban meninggal. 
Walikota Nicolini percaya bahwa Lampedusa harus menjadi pintu masuk Eropa bukan pintu keluar. Prioritas utaman untuk pengembangan pulau-pulau adalah layanan feri cepat ke Sisilia, pembangunan pabrik desalinasi untuk menyediakan air minum, dan pembangunan yang berkelanjutan, aman, dan menghormati lingkungan yang diharapkan akan menarik pariwisata berkualitas.

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:8. Yiannis Boutaris, Walikota Thessaloniki, Yunani
Quote:Thessaloniki merupakan kota terbesar kedua di Yunani, serta merupakan pusat ekonomi, industri, perdagangan, pusat politik, dan pusat transportasi kedua di Yunani.
Walikota dipuji oleh lembaga Eropa untuk kebijakan dan sikapnya selama tahun krisis antara tahun 2010 dan 2012, sang walikota telah mengurangi jumlah departemen, dewan kota, dan staf serta berhasil mengendalikan anggaran pemerintah dengan tetap melindungi layanan penting. Dia menetapkan jadwal untuk pengurangan pajak daerah secara bertahap

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:7. Annise Parker, Walikota of Houston, USA
Quote:Houston merupakan kota paling padat penduduk di Texas, dan menempati urutan kota terpadat keempat di US.
Prestasi Walikota Parker adalah pengaturan keuangan kota guna diinvestasikan pada peningkatan kualitas area publik. Hal ini menjadikan kota Houston lebih ramah pejalan kaki dan meningkatkan jumlah serta kualitas taman kota serta ruang hijau lainnya. Pada tahun 2014 ia mengusulkan undang-undang guna mempertegas bahwa diskriminasi adalah tindakan melanggar hukum di Houston.

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:6. Albrecht Schröter, Walikota of Jena, Jerman
Quote:Jena merupakan kota terbesar kedua di Thuringia Jerman. Kota ini merupakan pusat pendidikan dan penelitian.
Jena telah menjadi kota ramah bagi pengungsi di bawah pengawasan Walikota Schröter. Baru-baru ini kota tempat berlindung warga Suriah yang melarikan diri negara mereka yang dilanda perang. Walikota ini telah menjadi pendukung lama dari negara Palestina 

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:5. Jed Patrick Mabilog, Walikota of Iloilo City, Filipina
Quote:Kota Iloilo merupakan ibukota Provinsi Iloilo serta merupakan pusat kawasan metropolitan Iloilo-guimaras 
Walikota Jed Patrick Mabilog memprioritaskan upaya untuk mendorong pembangunan ekonomi dengan menarik investasi internasional dan untuk membuat kota lebih bersih dan lebih terhubung. Prestasi cemerlangnya adalah pengembangan sistem pengadaan yang transparan dalam dewan kota. Walikota ini juga memimpin inisiatif anti - merokok yang meliputi pendidikan dan penegakan ketat aturan anti – merokok

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:4. Carlos Ocariz, Walikota Sucre, Venezuela
Quote:Sucre adalah sebuah state di bagian timur Venezuela. Kawasan ini memiliki pantai2 yang masih asri dan indah.
Selama masa jabatan pertamanya, kekerasan berkurang rata-rata sebesar 10 persen tiap tahunnya. Sang Walikota mereorganisasi kepolisian dan memodernisasi kebijakan guna memerangi kejahatan. Dia juga telah berinisiasi supaya lebih banyak warga yang mampu memiliki rumah sendiri.
Prioritas sang walikota dalam masa jabatan keduanya yaitu pendalaman proses penganggaran partisipatif, serta perbaikan sistem pengumpulan di Sucre. Beliau juga memiliki program untuk menurunkan tingkat kriminal hingga 50 %

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:3 Tri Rismaharini (Risma), Walikota Surabaya, Indonesia 
Quote:Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota Surabaya juga merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Jawa Timur
Risma dikenal sebagai figur enerjik yang antusias mempromosikan kebijakan sosial, ekonomi dan lingkungan secara nasional maupun internasional. 
Walikota perempuan pertama di Surabaya ini juga dinilai berhasil memanfaatkan lahan tak terawat dan “menyulapnya” menjadi taman kota yang asri. Saat ini terdapat sebelas taman kota berskala besar dengan berbagai tema. Serta puluhan taman lainnya yang tiap hari dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi warga. Taman-taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas wi-fi, taman baca, dan area bermain. Perhatian Risma akan kesehatan dan pendidikan juga diapresiasi. Penyelenggaraan kesehatan gratis serta peningkatan kualitas puskesmas menjadi salah satu indikatornya. Di sektor edukasi, pada 2014 Pemkot Surabaya mengalokasikan 35 persen dari APBD-nya untuk pendidikan dan kesehatan gratis bagi warga Surabaya

Spoiler for Pict

Walikota 
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:2. Daniël Termont, Walikota Ghent, Belgia
Quote:Kota ghent merupakan kota yang terletak di kawasan Flemish Belgia. Kota ini merupakan ibu kota serta kota terbesar di Provinsi East Flanders.
Walikota Daniel telah aktif secara internasional sebagai anggota dewan dalam Organisasi Euro Cities serta menjalin krjasama aktif dengan kota-kota di dunia. Tantangan bagi sang walikota selain integrasi migrant yaitu penyediaan perumahan yang terjangkau. Sektor bio-tech merupakan fokus utama untuk investasi kota. Walikota Termont juga sangat berkomitmen untuk memenuhi target emisi karbon yang menjadikan Kota Ghent menjadi netral karbon pada tahun 2050.

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:1. Naheed Nenshi, Walikota of Calgary, Canada
Quote:Kota Calgary terletak di antara Pegunungan Rocky dan padang rumput di Kanada, lebih dari seribu meter di atas permukaan laut, Calgary adalah kota yang paling bersih di Kanada
Setelah resmi dilantik sebagai Walikota Calgari pada 2010, Nenshi langsung membuat sejumlah gebrakan. Nenshi segera memerintahkan penyelidikan dugaan korupsi di badan usaha milik kota, Enmax. Penyelidikan ini berhasil membongkar korupsi yang dilakukan mantan CEO Enmax, Gary Holden, yang dilakukan pada 2010. Selain itu, Nenshi juga berhasil menurunkan gaji pejabat senior Enmax yang jumlahnya selangit.
Pada 2011, Nanshie memulai pembangunan Shepard Energy Centre yang dikelola Enmax. Pusat energi ini mampu menghasilkan listrik 800 Mega Watt, yang bisa menyokong separuh kebutuhan listrik Kota Calgary. Pembangkit itu dijadwalkan beroperasi pertengahan tahun ini.
Selain itu, Nanshi merevitalisasi perkotaan dengan menggandeng komunitas lokal. Tak hanya itu, pada 2012 dia menyumbangkan 10 persen gajinya atau sekitar Rp 204 juta untuk kegiatan amal di Calgary sebagai respons kenaikan gaji sebesar 6 persen yang dinikmati para anggota dewan kota.
Tak hanya bidang infrastruktur. Nenshi juga dikenal sangat aktif dalam bidang kemanusiaan. Setelah dilantik sebagai walikota untuk periode ke dua pada Oktober 2013. Dia langsung mengawal sejumlah anak cacat Calgary ke Disneyland, menumpang pesawat Air Canaca dalam acara amal bertajuk “Mimpi Terbang”.
Tak hanya itu, pada 2013 itu Nenshi juga menunjukkan kepedulian sosial yang besar, saat terjadi banjir bandang di wilayah Alberta. Dia mampu membangkitkan semangat penduduk yang sudah putus asa dengan kondisi yang teramat buruk kala itu. Nenshie berhasil menggugah hati penduduk Calgary untuk bersama-sama mengulurkan tangan, membantu korban banjir. 
Di bawah kepemimpinan Nenshi, Calgary tak hanya menjadi kota yang maju, melainkan juga beradab. Sebuah kota yang tak menggilas nilai-nilai kemanusiaan dengan modernitas.

Spoiler for Pict

Walikota
Quote:
Kotanya
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:



Semua walikotanya keren yah gan. Mereka menangani isu dan permasalahan di kota dengan baik, tak hanya pada sektor fisik namun juga sosial, menjadikan mereka dicintai warganya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar