Rabu, 18 Februari 2015

10 Website Portal Berita Terbaik di Indonesia Update 2014

10 Website Portal Berita Terbaik di Indonesia Update 2014 – Alexa


website-berita
Berikut ini 10 website portal berita terbaik di Indonesia berdasarkan peringkat di alexa (update januari 2014). Semakin kecil nilai alexa, semakin populer situs berita tersebut yang berarti memiliki lalu lintas online yang tinggi.
Perubahan peringkat alexa dapat saja terjadi di lain hari, jika Sob melihat ada website berita mengalami kenaikan popularitas di alexa menggantikan situs berita yang lain, harap beri penulis masukan.
 10 Website Portal Berita Terbaik di Indonesia

1.Detik

Global Rank
Global rank icon329
Rank in Indonesia
Indonesia Flag9
Server detikcom sebenarnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai daring dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9 Juli itu akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir detik.com yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi.
Semula peliputan utama detikcom terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.
Pada Juli 1998 situs detikcom per harinya menerima 30.000 hits (ukuran jumlah pengunjung ke sebuah situs) dengan sekitar 2.500 user (pelanggan Internet). Sembilan bulan kemudian, Maret 1999, hits per harinya naik tujuh kali lipat, tepatnya rata-rata 214.000 hits per hari atau 6.420.000 hits per bulan dengan 32.000 user.
Pada bulan Juni 1999, angka itu naik lagi menjadi 536.000 hits per hari dengan user mencapai 40.000. Terakhir, hits detikcom mencapai 2,5 juta lebih per harinya.

 2.Kompas.com

Global Rank
Global rank icon654
Rank in Indonesia
Indonesia Flag15
 Untuk memudahkan akses bagi pembaca di seluruh dunia, harian surat kabar Kompas terbit dalam bentuk daring bernama KOMPAS.Com yang dikelola oleh PT Kompas Cyber Media. KOMPAS.Com berisi berita-berita yang diperbarui secara aktual dan juga memiliki sub kanal koran Kompas dalam bentuk digital.

 3.Merdeka.com

Global Rank
Global rank icon1,043
Rank in Indonesia
Indonesia Flag17
Kebanyakan media online dibangun sebagai bagian dari pengembangan perusahaan media, atau dibangun oleh orang-orang media. Tetapi merdeka.com justru dibangun oleh perusahaan teknologi yang terdiri dari orang-orang yang mengerti PHP & Apache/FreeBSD lebih dulu daripada ilmu jurnalistik (dulunya).
Berangkat dari pengalaman KapanLagi.com yang berusaha menjadi a pure internet player — yaitu organisasi yang berfokus pada menyediaan layanan di internet yang bisa dinikmati oleh jutaan orang — dan kemudian bermetafor menjadi perusahaan teknologi & media dengan fokus di entertainment, kini kami bergabung dengan orang-orang jurnalistik.

 4.VIVA.co.id

Global Rank
Global rank icon993
Rank in Indonesia
Indonesia Flag18
 VIVA.co.id (sebelumnya bernama VIVAnews) adalah portal berita daring yang dikelola oleh PT. Viva Media Baru, anak perusahaan PT Visi Media Asia Tbk yang juga mengelola bisnis penyiaran (antv, tvOne, Sport One).
Situs berita ini diluncurkan pada 2008.Selain memberikan jasa pemberitaan yang dilaporkan oleh wartawan yang bekerja di vivanews, situs ini juga menerima informasi dari pembaca VIVAnews yang berminat melaporkan berita yang mereka anggap penting melalui fitur U-Report. Situs ini juga dibuat untuk dapat diakses melalui telepon seluler, komputer tablet, dan PDA.

 5.Tribun News

Global Rank
Global rank icon1,175
Rank in Indonesia
Indonesia Flag20
Tribunnews.com adalah situs berita online yang dipublikasikan oleh PT. Indopersda Primamedia. Situs berita online dengan tagline “Berita Terkini Indonesia” ini, berkantor pusat di Gedung Group of Regional Newspaper Kompas, Jl. Palmerah Selatan No.3, Jakarta Pusat. Merupakan suatu divisi koran daerah Kompas, Tribunnews didukung oleh reporter yang bertempat di Jakarta.
Selain sebagai situs berita online yang menyediakan electronic paper (epaper) sebagai replika dari koran edisi cetak, Tribunnews juga menyediakan berita dalam bentuk digital paper, yaitu koran yang terbit secara online dalam format digital.
Tribunnews juga mengelola forum diskusi serta beberapa komunitas online, seperti melalui Facebook, Twitter, dan Google+. Sesuai dengan perkembangan zaman, Tribunnews juga menyediakan Tribunnews mobile dengan alamat m.tribunnews.com, sehingga memudahkan para pembaca dan memungkinkan untuk memperoleh berita dimanapun dan kapanpun.

 6.KapanLagi.com

Global Rank
Global rank icon1,668
Rank in Indonesia
Indonesia Flag26
KapanLagi.com adalah salah satu situs web di Indonesia yang berfokus pada berita infotainment. Situs ini mulai beroperasi di bulan Agustus 2003, berkembang dari layanan SMS Alert, kemudian mengembangkan situs yang memfokuskan ke berita selebritis dan entertainment. Situs ini mempunyai “motto” : “Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?”.
KapanLagi.com mempunyai dua kantor di Jakarta untuk bagian business development dan marketing, sedangkan di Malang untuk bagian editor, programmer dan desainer.

 7.okezone.com

Global Rank
Global rank icon1,758
Rank in Indonesia
Indonesia Flag28
okezone.com adalah situs web berita dan hiburan berbahasa Indonesia yang didirikan pada 29 Desember 2006. Situs ini dimiliki oleh PT Media Nusantara Citra (MNC) yang juga mengelola beberapa bisnis media lain seperti RCTI, Koran Sindo, serta Sindo Trijaya FM.
Pada Oktober 2008, situs ini menempati peringkat ke-28 situs web terpopuler di Indonesia menurut Alexa.com.[2]Okezone memberitakan hal-hal umum seperti: politik, peristiwa, internasional, ekonomi, lifestyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi, dan lainya. Okezone memiliki prosedur pelaporan paling lambat 20 menit s/d 1 jam dari lokasi kejadian.

 8.Liputan 6

Global Rank
Global rank icon958
Rank in Indonesia
Indonesia Flag33
 Liputan6.com merupakan portal berita online yang berdasarkan program berita SCTV, Liputan 6. Situs ini diluncurkan sejak tanggal 24 Agustus 2000 (bertepatan dengan ulang tahun SCTV ke-10) dan dikelola oleh PT. Kreatif Media Karya, anak perusahaan Elang Mahkota Teknologi. Situs ini menyajikan berita-berita dengan “Aktual, Tajam, dan Terpercaya”.

 9.Kompasiana

Global Rank
Global rank icon2,091
Rank in Indonesia
Indonesia Flag33
Kompasiana adalah blog jurnalis Kompas yang bertransformasi menjadi sebuah media warga (citizen media). Di sini, setiap orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video.
Kompasiana menampung beragam konten dari semua lapisan masyarakat dari beragam latar belakang budaya, hobi, profesi dan kompetensi.
Kompasiana juga melibatkan kalangan jurnalis Kompas Gramedia dan para tokoh masyarakat, pengamat serta pakar dari berbagai bidang, keahlian dan disiplin ilmu untuk ikut berbagi informasi, pendapat dan gagasan.

 10.Tempo.co

Global Rank
Global rank icon2,292
Rank in Indonesia
Indonesia Flag43
Tempo.co (sebelumnya bernama Tempointeraktif) ialah sebuah portal web berita dan artikel daring yang didirikan oleh PT Tempo Inti Media, Tbk. Isi berita dibagi berdasarkan jenis-jenis berita, antara lain: nasional, metro, bisnis, olahraga, teknologi, gaya hidup, internasional, seni dan hiburan, selebritas, dan otomotif.
Tempo.co didirikan pada tahun 1996 oleh Yusril Djalinus Dari, Bambang Bujono, S. Prinka, dan Saiful B. Ridwan dengan nama Tempointeraktif. Sebelumnya, PT Tempo Inti Media, Tbk. telah melahirkan majalah mingguan Tempo yang mengalami pemberedelan selama dua kali pada masa Orde Baru.
Geliat Kelompok Tempo Media setelah mengalami pemberedelan dimulai dengan pembuatan situs Tempointeraktif, yang akhirnya menjadi pionir berita internet di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar